Cara Mengatasi Komputer Lemot dengan Cepat dan Mudah

http://kodeinternet.blogspot.com/2015/12/cara-mengatasi-komputer-lemot-dengan.html
Komputer Lemot atau hang tentu akan membuat pekerjaan kita teganggu, apalagi ketika kita sedang mengerjakan sesuatu yang penting tiba tiba komputer lemot dan terjadi hang, artikel kali ini kita coba membahas Mengatasi komputer lemot dengan cepat dan mudah, sebelum mengetahui solusi kita harus tahu penyebab kenapa komputer lemot dan hang.
Sebenernya lemot atau hang sebuah komputer tidak hanya terjadi pada komputer yang telah lama digunakan, tapi kadang terjadi pada komputer (laptop) baru. penyebab yang sering terjadi karena komputer/laptop terlalu panas dan overheat yang akibatnya komputer mengalami hang.

Penyebab Komputer Lemot Hang dan Solusinya

Komputer / laptop lemot dan hang terjadi karena beberapa sebab baik itu terjadi pada komputer lama atau baru, penyebabnya kita bagi menjadi 2 kelompok, yaitu hardware dan sofwear yang rusak.

A. Hardware Rusak dan Solusinya

Ada 5 hardware yang sering mengakibatkan komputer lemot dan hang, diantaranya:
1. CPU panas atau overheat
semakin lama dan banyak aplikasi yang kita gunakan tentu akan semakin menambah beban CPU untuk bekerja, hal inilah yang menyebabkan CPU panas, ketika CPU panas mengakibatkan beberapa hardware tidak berfungsi dengan baik dan akibatnya komputer menjadi lemot.
  • Solusi: Bersihkan kipas pendingin dari debu dan beri pelumas pada poros kipas, Ganti thermal paste yang sudah kering pada prosesor. (jika tidak ahli bawa aja ke tukang service untuk membersihkan)
2. Hardisk Rusak
hardisk adalah komponen yang berfungsi untk menyimpan data, ketika hardisk komputer akan kesulitan membaca sebuah file yang akan kita buka dan akibatnya komputer menjadi lemot dan hang.
  • Solusi: Lakukan Defrag dan Cleanup karena bisa saja banyak file file tempory yang tertiggal, Ganti dengan Hardisk Baru
3. RAM terlalu kecil
Fungsi RAM hampir sama dengan hardisk, bedanya RAM digunakan untuk menyimpan data ketika komputer dalam keadaan hidup, RAM juga menjadi pendukung utama dalam melayani prosesor ketika bekerja, RAM yang terlalu kecil membuat kinerja prosesor menjadi lambat dan jika dibiarkan akan membuat komputer hang, selain RAM yang terlalu kecil juga sering terjadi RAM yang lembab dan kotor.
  • Solusi: Jika RAM kotor cukup dengan mencopt dan membersihkan, Tambah RAM atau ganti dengan yang lebih besar, usahakan minimal 4gb untuk penggunaan komputer yang biasa biasa saja.
4. Daya Power Supply kurang
banyak yang mengenyampingkan peran power supply, padahal power supply adalah faktor utama yang kita cek ketika kita mau menyalakan komputer, banyak kasus komputer lemot dan hang diakibatkan karena daya yang dikeluarkan oleh power supply terlalu kecil, bahkan beberapa perangkat USB tidak terdeteksi.
  • Ganti Power Supply dengan yang lebih besar dayanya.
5. VGA Card rusak
dalam beberapa kasus komputer lemot terjadi karena VGA Card yang rusak, ini biasanya karena umur VGA yang sudah tua dan mengalami kepanasan, biasanya terjadi pada komputer yang sering dibuat game game besar dan komputer desain grafis.
  • Untuk komputer yang mempunya VGA card terpisah disarankan ganti yang baru jika memang VGA card telah rusak, Untuk VGA onboard coba dengan update atau instal ulang driver.

B. Softwear Rusak dan Solusinya

selain hardware yang sering mengakibatkan komputer lemot, softwear juga sering menjadi penyebab komputer menjadi lemot dan hang, lemotnya komputer yang di sebabkan sofwear mungkin lebih mudah solusinya, tapi jika penyebab ini dibiarkan terus menerus akan berakibat pada rusaknya hardware.

1. Bios kadaluwarsa
biasanya ini terjadi pada komputer lama, bios pada motherboard lama tidak kan bisa mendeteksi hardware maupun softwear baru.
  • Solusi: Update Bios dengan masuk ke webiste resmi
2. Driver hardware rusak
kadang kita tidak sengaja menghapus file registry atau bahkan mengunistall driver sebuah hardware, ini juga menjadi penyebab komputer lemot karena hardware tidak bekerja dengan baik.
  • Solusi: Coba masuk ke device manager dan perhatikan apakah ada tanda seru (!) berwarna kuning dalam segi tiga, jika ya lakuakn update atau instal ulang Driver.
3. Virus atau Malware
serangan virus dan malware menjadi faktor yang sering menyebabkan komputer lemot dan hang, hal itu dikarenakan virus atau malware bekerja pada background komputer dan menyebabkan komputer menjadi kelebihan beban dan bahkan beberapa file-file registry hilang dan rusak.
4. Terlau banyak membuka program aplikasi
semakin banyak aplikasi yang kita buka dan kita jalankan akan membuat kinerja beberapa hardware menjadi berat.
  • Solusi: Buka task manager dan lihat pada tab Processes, perhatikan tab CPU, Memory, Disk, apakah ada yang 100%, jika ada berarti ada yang kelebihan beban, matikan program yang tidak kita pakai atau program yang not responding dengan menekan tombol end task.
    http://kodeinternet.blogspot.com/2015/12/cara-mengatasi-komputer-lemot-dengan.html
5. Windows rusak
windows yang rusak bisa disebabkan karena hilangnya file file registry yang tidak sengaja kita hapus, biasanya karena serangan virus.
  • Solusi: untuk windows 8 keatas lakukan refresh dengan memanfaatkan file recovery windows, atau lakukan Repair dan  jika jalan terakhir dengan install ulang windows.
Demikian artikel Cara mengatasi komputer lemot dengan cepat dan mudah, semoga bermanfaat.

what you believe as a truth, not necessarily the truth for others

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish