Apa itu Blog dan Jenisnya

Mengenal apa itu blog dan jenis-jenis blog

Mengenal apa itu blog dan apa saja jenis-jenis blog tentu sebuah kewajiban seorang blogger, seorang blogger akan lebih mudah untuk memetakan kearah mana tujuan membangun blog jika mengetahui apa itu blog dan jenisnya. Banyak diantara blogger yang mengalami kebingungan ketika pertama kali membangun sebuah blog, siapa target pengunjung blog dan apa materi konten yang akan disajikan diblog, pada akhirnya tujuan blog itu sendiri semakin tidak jelas, efeknya blog tidak update karena bingung menentukan tema artikel yang akan dibuat.

Sejarah dan Pengertian Blog

Mengutip wikipedia, media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs yang kemudian pada tahun 2002 di akuisisi oleh google, dan sejak saat itu banyak bermunculan situs penyedia layanan blog gratis yang menawarkan alternatif platform sebagai media blog, beberapa platform yang cukup populer selain blogger diantaranya wordpress, tumblr, medium dan masih banyak lagi.
Blog digunakan sebagai media komunikasi dan informasi baik dari personal maupun perusahaan atau organisasi kepada pengunjung atau orang banyak melalui media internet, blog umumnya bersifat terbuka bagi siapa saja yang membacanya, bahkan tingkat kesusksesan sebuah blog salah satunya diukur dari tinggi rendahnya trafik pengunjung.
Dari fungsi blog dapat kita simpulkan pengertian blog adalah sebuah media berbentuk aplikasi web yang di publikasikan melalui internet dengan tujuan memberikan informasi kepada orang banyak. Blog itu sendiri merupakan singkatan dari web dan log yang secara bahasa mempunyai arti jaringan dan catatan.

Jenis Jenis Blog

Perkembangan blog semakin pesat sejak google mangakuisisi blogger.com dari pyra labs, seperti semakin banyaknya platform blog dan semakin beragam tema dan materi konten blog, sehingga melahirkan pemetaan jenis jenis blog yang didasarkan pada materi konten blog.

Berikut jenis jenis blog berdasarkan materi konten blog dan tujuannya

1. Blog Pribadi
Blog jenis ini adalah blog yang paling sederhana dan dibangun dengan tujuan sebagai media catatan personal dan biasanya isi konten blog bersifat umum, jenis blog ini juga sering digunakan oleh seseorang untuk berinteraksi dengan penggemarnya.

2. Blog Perusahaan
Jenis blog ini biasa digunakan oleh perusahaan sebagai media informasi tentang produk yang dihasilkan, namun biasanya perusahaan yang telah mempuyai website, penggunaan blog hanya untuk keperluan transaksi.

3. Blog Niche
Sesuai namanya blog jenis ini dibangun khusus menyasar target pengunjung tertentu sesuai dengan isi konten blog itu sendiri, materi yang ada dalam blog niche lebih spesifik yaitu hanya mengangkat satu tema dan hanya fokus pada satu kata kunci tertentu. Blog niche mempunyai taget pengunjung yang jelas, namun karena hanya mengangkat satu tema, optimasi trafik pengunjung lebih sulit dibanding jenis blog lainnya.

4. Blog Otoritas
Blog jenis ini hampir sama dengan blog niche, perbedaannya blog jenis ini dibangun dengan tujuan menjadi blog ahli pada topik yang dibahasnya, sehingga diharapkan blog jenis ini menjadi rujukan bagi blog-blog lainnya yang mempunyai topik yang sama, contoh jenis blog otoritas misalnya problogger.net milik Darren Rowse yang memiliki otoritas dalam nache khusus make money from blogging.

5. Blog Citizen
Blog jenis ini dibangun oleh beberapa orang dalam satu kelompok dengan tujuan dan kepentingan yang berbeda-beda, contohnya kompasiana dan blogdetik.

6. Blog Spam
Blog spam umumnya berupa blog automatically generated content, yaitu blog dibuat dengan mengandalkan softwear untuk mengambil atau mencopy konten blog lain.

Sekian artikel apa itu blog dan jenis-jenisnya, semoga bermanfaat.

what you believe as a truth, not necessarily the truth for others

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish