7 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Ganti Domain Pada Blog

7 Langkah Setelah Ganti Domain Baru Pada Blog

Blog dengan domain TLD (top level domain) menjadikan blog terlihat lebih profesional dan tentu saja alamat blog menjadi lebih mudah diingat, inilah yang membuat pemilik blog mau mengganti domain dengan domain sendiri meskipun berbayar, apalagi jika kita memang serius dalam aktivitas blogging yang tidak hanya bertujuan sebagai media informasi semata tetapi misalkan blog dibangun sebagai media bisnis, tentu top level domain sebagai pilihan utama, sebenernya sah-sah saja suatu blog memakai domain gratis atau subdomain seperti blogspot, asalkan kita benar-benar serius dalam membangun kepercayaan pengunjung blog.

Bagaimana jika blog yang telah kita bangun dan memiliki ribuan visitor setiap harinya masih memakai domain gratisan, apakah traffik pengunjung akan turun setelah kita menggantinya dengan  domain baru?, Apakah kita harus mendaftar ulang blog pada tools optimasi, seperti google webmaster, google analytic, dan lain sebagainya?, itulah beberapa pertanyaan yang sering muncul ketika kita mau migrasi domain menjadi top level domain, untuk menjawab itu semua, pada artikel kali ini akan kita bahas 5 hal yang harus dilakukan setelah mengganti domain blogspot menjadi top level domain pada blog.

7 Langkah Setelah Ganti Domain Baru Pada Blog

Pada dasarnya setelah kita mengganti domain dengan domain baru, blog menjadi seperti terlahir kembali dengan alamat yang berbeda, pagerank blog pada search engine akan mengalami penurunan dan bahkan kehilangan backlink, akibatnya untuk beberapa saat blog akan mengalami penurunan trafik pengunjung, untuk itu perlu beberapa optimasi yang harus dilakukan untuk mengembalikan trafik pengunjung dengan cepat, berikut 7 langkah optimasi pada blog setelah ganti domain.

#1. Submit artikel ke search engine
Blog dengan domain baru tentu akan kehilangan indeks pada mesin pencari, meskipun ketika blog lama diakses akan secara otomatis redirect ke blog baru, tetapi hal itu tidak menjamin mesin pencari mengindex blog secara cepat, untuk itu untuk mempercepat mesin pencari mengindex blog dan konten lakukan submit artikel lama ke search engine dan setiap kali kita selesai menerbitkan artikel baru.
Silahkan submit url artikel lama dan baru anda ke https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url

#2. Daftar ulang blog ke bing dan google webmaster
Meskipun blog lama sudah pernah terdaftar di bing dan google webmaster, tetapi kita perlu mendaftarkan ulang blog baru ke google webmaster dan bing webmaster, karena eh karena mesin pencari seperti google dan bing belum mengenali artikel yang diterbitkan oleh blog yang menggunakan domain baru tersebut.
Silahkan daftarkan blog baru anda dan lakukan verifikasi ke google webmaster atau bing webmaster agar blog baru dan artikel yang diterbitkan lebih cepat terindeks mesin pencari.

Baca: Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Terbaru

#3. Submit ulang peta situs blog di bing dan google webmaster
Setelah blog baru kita daftarkan ke google webmaster dan big webmaster, langkah selanjutnya yaitu melakukan submit ulang peta situs atau sitemap, tujuannya agar mesin pencari lebih cepat dan mudah menelusuri dan mengenali isi keseluruhan blog anda.

Baca: Cara Submit Sitemap di Google Webmaster Tool Terbaru

#4. Daftar ulang ke google analytics
Fungsi google analytics yaitu untuk memonitor interaksi pengunjung blog secara lengkap dan cukup akurat, untuk itu agar lebih mudah menganalisa perkembangan blog, silahkan daftarkan blog ke google analytycs.

Baca : Cara Daftar Google Analytics dan Pasang Kode Tracking di Blog

#5. Submit ulang ke alexa
Alexa mempunyai fungsi yang hampir sama dengan google analytics, yaitu memonitor trafik suatu blogdengan memberikan penilaian berupa PR (pagerank), silahkan lakuakan daftar dan verifikasi ulang ke alexa untuk lebih mudah mengetahui ranking blog pada mesin pencari.

#6. Sering membuat artikel baru yang berkualitas
Sering mengupadate artikel yang berkualitas merupakan salah satu teknik SEO onpage (search engine optimization), untuk mempercepat mesin pencari mengindex blog baru silahkan sesering mungkin membuat artikel yang panjang dan berkualitas.

#7. Promosikan blog baru
Blog dengan domain baru sama halnya seperti sebuah toko lama yang pindah alamat, promosikan blog baru seperti lewat sosial media seprti facebook atau goole plus, jika kita melakukan promosi yang tepat, hasilnya akan luar biasa.

Begitulah 7 optimasi yang harus dikerjakan pada blog setelah ganti domain. Jika anda tertarik mengganti domain blog dengan domain baru, silahkan baca panduannya di Cara Mengganti Blogspot Dengan Domain Sendiri.
Demikian artikel 7 Hal yang harus dilakukan setelah ganti domain pada blog, semoga bermanfaat.

what you believe as a truth, not necessarily the truth for others

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

9 comments

comments
March 21, 2016 at 11:23 AM delete

daftar ulang domain TLD ke google webmaster, untuk domain blog yang lama dan sudah didaftarkan apa harus di hapus atau dibiarkan gan? informaisnya bermanfaat thxs

Reply
avatar
March 21, 2016 at 12:31 PM delete

dibiarkan saja gpp, cukup daftarkan saja lagi domain yang baru

Reply
avatar
May 28, 2016 at 1:06 AM delete

Terima kasih, infonya membantu mengingatkan saya pentingnya optimalisasi blog...

Reply
avatar
August 1, 2016 at 3:23 AM delete

Betul sekali mas blog saya juga mengalami penurunan pengunjung dengan sangat signifikan, tadinya blog saya sudah menggunakan custom domain menggunakan domain gratisan dot ga dan sekarang saya ganti menggunakan domain dot com

Reply
avatar
February 21, 2017 at 10:08 AM delete

ada cara gak biae kalau org akses ke domain lama akan di direct k domain baru?

Reply
avatar
February 25, 2017 at 7:08 PM delete

ada, nanti saya posting tutorialnya

Reply
avatar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish