Mengenal Apa Itu Hosting dan Domain

Mengenal Apa Itu Hosting dan Domain

Di internet sering kita jumpai istilah domain dan hosting, mungkin bagi pemula yang baru saja menggeluti dunia blogging maupun website istilah tersebut cukup membingungkan, apa itu domain dan hosting?, domain dan hosting digunakan agar sebuah website bisa diakses oleh pengguna dari belahan bumi manapun, Pada artikel ini akan diulas pengertian domain dan hosting serta jenis dan bagian-bagiannya.

Pengertian Hosting dan Jenisnya

Hosting adalah ruang atau space pada komputer server di internet yang digunakan untuk menyimpan file-file pembentuk website dan dapat diakses pda jaringan internet. Pada umumnya layanan hosting ditawarkan dengan cara meyewa dengan periode waktu tertentu, besar kapasitas penyimpanan tergantung dari harga sewa yang ditentukan, akan tetapi banyak juga layanan hosting secara gratis meskipun dengan beberapa keterbatasan.

Mengenal Apa Itu Hosting dan Domain

Jenis-Jenis Layanan Hosting
Ada banyak jenis layanan yang biasa ditawarkan hosting provider,
1. Free Hosting
Di internet banyak dijumpai hosting yang ditawarkan secara free atau gratis, tetapi penawaran free hosting biasanya dibarengi dengan beberapa persyaratan, misalkan penayangan iklan di website yang memakai layanan free hosting, salah satu kelemahan free hosting yaitu pihak provider kapan saja bisa memutus layanan hosting tanpa perlu persetujuan klien.
2. Shared Hosting
Shared hosting yaitu layanan web hosting dengan menaruh beberapa akun hosting secara bersama-sama dalam satu server. Jenis layanan yang paling banyak dipakai saat ini karena harga sewa yang ekonomis.
2. VPS Hosting
Virtual private server hampir sama dengan shared hosting, perbedaanya yaitu resource yang lebih besar dan virtualisasi pada setiap server. kelebihanya layanan VPS hosting yaitu klien mendapatkan akses kontrol yang lebih luas dalam lingkungan web.
3. Dedicated Hosting
Dedicated hosting menawarkan layanan hosting dimana anda menyewa satu server secara utuhtanpa dibagi dengan pengguna lainya, layanan ini memberikan akses kontrol penuh kepada klien, sehingga performa dan privasi akan jauh lebih baik dibanding layanan lainnya.

Pengertian Domain dan Bagian-Bagiannya

Sebenarnya setiap kita mengakses dan beraktifitas di internet pasti akan bersentuhan dengan domain itu sendiri, ketika kita mau mengunjungi sebuah situs website di internet, tentu hal yang pertama kali harus kita ketahui adalah alamat situs itu sendiri, misalnya google.com, kodeinternet.com, facebook.com, ugm.ac.id, dan tentu masih banyak yang lainnya, nama-nama itulah yang disebut dengan istilah domain atau biasa disebuat nama website / alamat website.
Domain bisa artikan sebuah nama unik yang digunakan untuk mengenali nama server komputer pada jaringan komputer ataupun internet. Sebelum ada istilah domain, untuk mengakses server komputer dibutuhkan deretan angka yang rumit yang disebut sebagai IP Address atau Alamat IP, deretan angka tersebut tentu sangat sulit untuk diingat, untuk itu dibutuhkan nama domain untuk mempermudah pengguna internet untuk mengingat nama server dan mengakses informasi pada server komputer.

Mengenal Bagian-Bagian Domain

Sebuah nama domain biasanya terdiri dari dua bagian atau lebih yang dipisahkan dengan tanda titik, bagian-bagian domain tersebut terdiri dari Top Level Domain, Second Level Domain, Sub Domain.

Top Level Domain (TLD)
Top level domain yaitu bagian paling kanan pada sebuah nama domain sampai pada tanda titik, contohnya kodeinternet.com, top level domainnya yaitu "com".
Jenis TLD sendiri di bagi menjadi 2 yaitu:
1. Global Top Level Domain (gTLD), terdiri dari 3 huruf atau lebih, contohnya:
.com digunakan untuk website komersil
.net digunakan untuk website network infrastruktur
.org digunakan untuk website organisasi
dan masih banyak lagi.
2. Country Code Top Level Domain (ccTLD), dipergunakan untuk kode negara dan terdiri dari 2 huruf, contohnya:
.us digunakan untuk negara amerika serikat
.id digunakan untuk negara indonesia
.sg digunakan untuk negara singapura

Second Level Domain (SLD)
SLD yaitu bagian nama domain yang berada pada sebelah kiri TLD, misalnya untuk website www.kodeinternet.com, bagian SLD nya yaitu kodeinternet, dan bagian TLD nya yaitu .com

Sub Domain
Sub domain yaitu bagian nama domain yang berada sebelah kiri SLD, sub domain digunakan untuk pembagian area pada sebuah website, contohnya mail.google.com, sub domain pada contoh tersebut yaitu mail, digunakan sebagai area email pada google.

Sekian artikel Mengenal Apa Itu Domain dan Hosting, semoga bermanfaat

what you believe as a truth, not necessarily the truth for others

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish